Sabtu, 03 Juni 2017

Proposal Peternakan Kambing

Bireuen,
Kepada Yth
Bapak Menteri Pertanian Republik Indonesia
Cq. Dinas Pertanian dan Peternakan Bireuen


Assalammualaikum Wr. Wb,
Dengan Hormat,
Salam Teriring Doa Kami sampaikan Semoga Semua dalam Keadaan sehat wal’afiat selalu berada dalam lingdungan Allah SWT. Sehingga sukses dalam menjalankan tugas dan aktifitas kesehariannya. Amin
Sehubungan dengan Rencana Pengembangan Ternak Kambing Kelompok Usaha Tani yang saat ini membutuhkan Penambahan Modal untuk pengembangan Ternak Kambing dengan Luas Potensi Lahan Hijauan Ternak 15 Ha yang melibatkan anggota kelompok tani 20 Orang.. Anggota Kelompok Tani.
Untuk Maksud tersebut kami mohon bantuan untuk pengembang ternak kambing  yang saat ini sudah kami lakukan secara swadaya.
Demikian Permohonan ini kami sampaikan atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih


Ketua
Kelompok Tani Usaha Tani


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami sampakan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat yang diberikan kepada kita, seulawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa Manusia dari alam jahililiyah kealam yang penuh dengan ilmu pengetahun. serta ucapan  terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak khususnya pemerintah sehingga rencana Kelompok Tani Ternak Usaha Tani dalam rangka pelaksanaan pengembangan peternakan agribisnis.

Program budidaya peternakan dengan kegiatan penggemukan kambing lebih memiliki keunggulan komparatif dengan pasar yang cukup prospektif sehingga kegiatan ini sangat diminati untuk dikembangkan yang didasarkan pada:
  1. Tersedianya sumber daya manusia yang trampil dengan pengusaha teknologi yang memadai.
  2. Tersedianya lahan yang cukup untuk pengembangan pembuatan kandang maupun lahan untuk pengembangan tanaman pakan ternak.
  3. Tersedianya produksi pakan yang cukup melimpah dilokasi kegiatan.
  4. Permintaan pasar yang masih terbuka dengan harga yang memadai.
  5. Memiliki tingkat kelayakan ekonomi dan sosial yang signifikan.
  6. Adanya dukungan kebijakan Pemerintah untuk pengembangan sector agribisnis khususnya bidang peternakan Kambing.

Kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian, saran, dan bantuan kami sampaikan terima kasih.


Ketua Kelompok
Tani Ternak Usaha Tani


                           
AZHAR HARUN



BAB I
PENDAHULUAN


A.  Dasar pemikiran
Pada zaman yang selalu berkembang ini, berbagai macam usaha wiraswasta didirikan, baik dikalangan pedesaan maupun dikalangan perkotaan. Hal tersebut didorong oleh berbagai macam faktor ekonomi dan perkembangan  demi mencapai kesejahteraan anggota pada khususnya serta masyarakat pada umumnya.
Dalam  rangka untuk meningkatkan peran  dan fungsinya dengan melakukan kegiatan pemberdayaan ekonomi,khususnya pada sector peternakan dan pertanian. yang dapat memberikan manfaat riil bagi masyarakat untuk ketahanan dan peningkatan ekonomi secara berkelanjutan. Salah satu jalan alternative  yang dilakukan adalah pembudidayaan ternak Kambing  karena adanya ketersediaan faktor produksi alam sekitar lokasi kegiatan maupun sumber daya manusia yang memadai.
Kami menyadari bahwa untuk dapat merealisasikan sentral usaha tersebut,dibutuhkan modal dasar yang sangat bersar. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati,kami mengharapkan dukungan dan bantuan Bapak untuk membantu usaha dalam pembudidayaan kambing, dan dengan secara langsung maupun tidak langsung menambah kebutuhan daging secara nasional.

B. Tujuan
  1. Meningkatkan dan mengmbangkan ketrampilan masyarakat dengan melaksanakan pemberdayaan dan pengembangan usaha agribisnis peternakan.
  2. Menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.
  3. Upaya peningkatan pendapatan masyarakat khususnya petani ternak disekitarnya.
  4. Meningkatnya produktifitas,deverifikasi produk/usaha, mutu serta nilai tambah produk usaha agribisnis melalui peternakan dan terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.
  5. Meningkatkan ketrampilan,pengetahuan, dan sikap mengelola secara berkalompok.
  6. Terdukungnya kemandirian ekonomi lembaga masyarakat.
  7. Tersedia pupuk kandang untuk pelestarian lingkungan.
  8. Terdukungnya ketahanan pangan dan swasembada daging yang sehat dan halal

C. Dampak

  1. Bertambahnya pendapatan anggota kelompok tani ternak SARASWATI dan lingkungan masyarakat setempat.
  2. Berkembangnya usaha agribisnis peternakan di pedesaan dan tumbuhnya kawasan produksi daging kambing.
  3. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat sekitar.
  4. Berkembangnya perekonomian wilayah secara berkelanjutan.


BAB II
DISKRIPSI POTENSI USAHA KELOMPOK

2.1 Potensi
A.        Potensi Sember Daya Alam
·         Lokasi lahan pertanian yang cukup luas dan relatif kesuburan.
·         Sumber air sangatlah mendukunga dengan ketersediaan irigasi tersieryang bersumber dari limpahan waduk wadaslintang.
·         Mudah dijangkau dalam pembinaan dan pemasaran hasil.
·         Terbebasnya/bukan merupakan daerah endemis penyakit hewah menular seperti flu burung atau pun lainya.

B.         Suber Daya Manusia.

·         Tersedianya tenaga kerja yang potensial.
·         Anggota/pengurus yang umumnya adalah petani ternak dan buruh tani sehingga dapat dilibatkan secara langsung untuk mendapatkan pembinaan dan ikut dalam pelaksanannya.
·         Adanya  dukungan sumber daya manusia pendampingan dari pemerintah dan dinas terkait yang dapat mendampingi dan menfasilitasi proses usaha.

C.         Sarana dan Prasarana Penunjang
·         Adanya anggaran dasar anggaran rumah tangga (AD/ART) guna mendukung kelancaran dan ketertiban yang mengatur semua anggota.
·         Adanya kelompok tani ternak yang sudah terbentuk solid selama 2 tahun.
·         Adanya kepengurusan yang kompetitif sehingga proses administrai berjalan dengan baik.
·         Adanya jalan dan infrastruktur fisik yang memadai untuk mengakses lokasi melalui darat.
·         Tersedianya alat angkut pakan ternak/HMT.
·         Adanya dukungan dan kebijakan dari pemerintah desa dan daerah untuk mengembangkan sector  agribisnis khususnya bidang peternakan kambing kotong dalam membantu meningkatkan kebutuhan daging.

BAB III
RENCANA ANGGARAN BIAYA
(Terlampir)





BAB V
PENUTUP

Kegitan pengembangan ternak kambing  hendaknya memiliki keunggulan koopertif dan kompetitif dengan pasar yang cukup prospektif sehingga kegiatan ini dapat mendorong peningkatan pengetahuan tentang beternak yang baik serta lapangan usaha bagi segenap para para pengurus dan anggota serta berkembang kapada masyarakat setempat. Kegiatan ini akan menjadi sekolah lapang yang bermanfaat untuk peningkatan bekal pengetahuan dan ketrampilan agribisnis.
Peran pemerintah dengan berbagai kebijakan yang konsen terhadap pertanian dan peternakan sangat diperlukan dan terbukti mampu mendorong kinerja sektor agribisnis menuju usaha yang lebih profesional sehingga dapat memberikan arti  yang positf bagi kegiatan kesejahteraan masyarakat petani ternak.
Demikian proposal ini disusun untuk melengkapi permohonan bantuan modal usaha untuk kegiatan budidaya peternkan  kambing potong agar dapat dijadikan  dasar penilaian dan pertimbangan bagi pemberi modal usaha kepada kami, dengan harapan dapat memperoleh perhatian, tanggapan dan dukungan positif.
Kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian, saran dan bantuan, diucapkan banyak terima kasih. Semoga Allah SWT senatiasa memberikan petunjuk dan kekuatan kepada kita menuju  kebaikan dan kebahagiaan.

Alue Rambong, 10 Oktober 2016
Sekretaris                                             Ketua Kelompok Usaha Tani


        

Mengethui
Penyuluh Pertanian Lapangan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pidato Bahaya Narkoba Bagi Pemuda

Alhamdulillah, tiada kata yang paling indah kecuali syukur kita kepada Allah, yang maha pengasih yang kasih nya tidak pernah pilih kasih. Y...